Formulir IAIN laris manis

(Saturday, July 05, 2008)

Dari jumlah formulir yang disediakan oleh panitia testing IAIN mencapai 4000, namun hingga kini hanya tersisa 300 lembar lagi yang belum bisa laku, mungkin akibat tidak banyak yang lulus ujian nasional, sehingga mempergaruhi calon mahasiswa yang masuk ke IAIN dan penguruan lain yang ada di Aceh

Hingga memasuki jumat 28/6 pendaftaran di IAIN Ar-Raniry terus meningkat, dari 4.000 formulir yang disediakan oleh panitia penyelenggara, sudah terjual 3.700, namun yang baru kembalikan hanya 1.918 lembar formulir.

Demikian kata, ketua panitia Prof Dr. HM. Nasir Budiman, kepada sumberpost. Namun demikian, tambahnya jika semakin banyak peminat yang melamar di IAIN kita akan berusaha untuk menambahkan lagi formulir yang tidak cukup.

M.Nasir Budiman, merincikan dari total yang sudah mengembalikan formulir fakultas tarbiyah mengalami perkembangan pesat dengan jumlah peminat mencapai angka 1.284 peserta, sedangkan ushuluddin menduduki posisi buncing dengan jumlah peserta tidak melewati angka 20.

Pun demikian, lanjut M.Nasir Budiman, dalam memilih fakultas/jurusan sebaiknya sangat berhati-hati, semakin banyak pelamar disebuah fakultas/jurusan semakin ketat persaingan.

“saya berharap kepada peserta test masuk ke IAIN sangat berhati-hati dan jeli melihat jurusan mana yang besar peluangnya, sebab pada prinsipnya kuliah nanti hampir semua sama hanya saja profesi yang berbeda,” imbuhnya

Pembantu Rektor I ini, menambahkan, walau bagaimanapun semua yang masuk ke IAIN harus melalui pembacaan test baca Al-Quran sebagai cara utama untuk menentukan nilai kelulusan. Jika ada yang belum bisa membaca al-quran jangan harap bisa lulus di IAIN. Lanjutnya.

Dalam bacaan Al-Quran bukanlah seperti bacaan seorang qari profesional, melainkan hanya bacaan dengan makharijul huruf (pengucapan huruf) yang benar dan tajwid sederhana saja, jelasnya.

Kami harap yang masuk ke IAIN sudah mengetahui visi dan misi IAIN sendiri, sebab jika kesasar kesini, ujungnya rugi nantinya. Tandas M.Nasir Budiman.

Posted in Diposkan oleh kulatbulat di Saturday, July 05, 2008