Kwalitas Pendidikan Aceh menurun Drastis

(Thursday, June 19, 2008)

Banda Aceh-Lebih dari 15 ribu anak sekolah tingkat menengah umum di aceh dinyatakan tidak lulus pada ujian Nasional yang diselenggarakan pada mei lalu.



Lemahnya kontrol terhadap pendidikan di aceh, menyebabkan mutu pendidikan menurun drastis, kata burhanuddin kepada bisnis indonesia di banda aceh rabu 18/6. Padahal anggaran biaya untuk memajukan pendidikan di aceh sudah dialakosikan sebesar 1.3 Trilyur.

Namun, katanya, mekanisme yang dijalankan belum tepat sasaran. Penyaluran Dana bantuan operasional sekolah di Aceh masih banyak sarat masalah, sehingga berdampak pada hasil kelulusan Ujian Akhir Nasional yang semakin menurun. Lanjut anggota DPRA Fraksi F yang membidangkan pendidikan.

Selain itu, masih banyak persoalan lain di hadapi oleh tenaga pengajar di pendaerahan, pemerintah belum mampu membenahi sistem dan perangkat pendidikan secara umum, sebahagian besar guru di daerah tidak diberikan buku paket. Lanjutnya.

Burhanuddin menambah, Pemberian uang TC, dana BOS untuk guru juga masih sarat masalah dan amburadul, dan tidak tranparan, para guru banyak yang tidak mendapat hak-haknya secara patut. Fakta hasil kwalitas pendidikan dari UN tahun ini, belum mencerminkan gambaran alokasi anggaran Rp 1. Triliun lebih, Kebocoran anggaran juga masih disinyalir terjadi dijajaran dunia pendidikan di Aceh.

Yang sangat disayangkan, adanya kecurangan dilakukan oleh pengawas saat ujian berlangsung, sehingga mempengaruhi nilai yang dialami oleh siswa, namun pemerintah hanya diam saja. Tidak merespon apa-apa, ini terbukti keseriusan pemerintah untuk memajukan pendidikan di aceh masih diragukan. Ujar burhanuddin.

Kebocoran anggaran juga masih disinyalir terjadi dijajaran dunia pendidikan di Aceh. Diharapkan agar Komite sekolah dan org tua murid memantau terus perjalanan pendidikan di Aceh, dan melaporkan kepada yg berwajib apabila menemukan indikasi penyimpangan anggaran pendidikan dan pengutipan yang tidak benar. Kami siap membanti untuk pengawasan demi masa anak-anak aceh.


Posted in Diposkan oleh kulatbulat di Thursday, June 19, 2008