IMT-GT bangkit ekonomi Aceh.

(Friday, July 11, 2008)

Banda Aceh-Ekonomi aceh akan bangkit, jika seluruh pengusaha lokal mau melakukan kerja keras untuk bangkit bersama membangun aceh, tanpa dukungan dan kerjasama yang matang tidak akan terwujud ekonomi aceh yang dapat diperhitungankan di mata internasional

Demikian disampaikan Aceh Gubernur Irwandi yusuf pada saat membuka acara Indonesia Thai Malaysia-GT kamis. 10/7 di banda aceh.

Irwandi menilai, program yang IMT-GT yang digagas oleh Kamar dagang dan industri aceh ini, suatu kemajuan yang luar biasa. Dalam keadaan yang kondusif seperti ini peran semua elemen ini dapat membangkitkan kembali ekonomi aceh sangat di butuhkan.

Namun, kata irwandi, saya sudah bosan mendengar hanya sebatas program saja, akan tetapi pelaksanaan dilapangan masih tumpang tindih, jadi saya harap program IMT-GT ini langkah yang tepat untuk memajukan daerah aceh pascakonflik yang berkepanjangan.

“saya mengajak seluruh elemen masyarakat aceh terutama para pengusaha untuk bersama-sama membangun komunikasi dengan seluruh jaringan yang ada, baik di dalam maupun diluar negeri, melakukakan kampanye bersama bahwa aceh sudah aman dan sangat mudah untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, seperti terjadi pada hari ini,” ujar Irwandi

Irwandi menambahkan, program ini trobosan yang harus kita hargai bersama, sebab usaha yang gigih dilakukan oleh KADIN aceh merupakan sudah ada hasil nyata, katanya “KADIN sudah mulai membangkitkan semangat tumbuhnya ekonomi Aceh, yang lain harap gubernur Aceh mengikuti jejak Kadin yang berusahan dengan sendirian hanya saja kita menyetujui untuk kemajuan ekonomi Aceh.

Gubernur Irwandi, mengakui dia kagum apa yang dilakukan oleh Kadin Aceh yang begitu peduli dengan ekonomi Aceh. Dan mampu menghadirkan tiga negara yang ikut berpartisipasi untuk kemajuan daerah Aceh.

Irwandi, mengingatkan kepada para pengusaha lokal untuk lebih peka terhadap perkembangan ekonomi daerah yang lebih maju, bukan hanya menunggu proyek dari pemarintah daerah saja, akan tetapi berusaha untuk mencari dan berkerjasama dengan negara-negara yang ada di belahan dunia.

“sampaikan kepada dunia bahwa Aceh sudah aman, dan sangat mudah menanam modal usaha, sebab aceh sebagai jalur yang mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Internasional, oleh sebab itu kita dukung sepenuhnya kebijakan kadin yang membangkitkan roda ekonomi Aceh, tambah gubernur yang didampingi ketua kadin Aceh Firmandeze kepada wartawan.


Aceh Kondusif
Gubernur Irwandi juga mengajak seluruh pelaku ekonomi di belahan dunia untuk melakukan investasi ekonomi di Aceh, karena kondisi daerah ini benar-benar sudah pulih.
Jika ada yang menganggu kondisi ekonomi aceh, maka akan berhadapan dengan pemerintah aceh “kami tidak segan-segan bertindak bagi yang merusak ekonomi aceh, sebab aceh sudah kondusif dan tidak lagi konflik, tidak ada tembak menembak, karena kami sudah melakukan tanda tangan perdamaian, cetus irwandi.

Siapapun yang menghambat jalannya ekonomi aceh akan di tindak sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini, kita sudah mengupayakan agar kondisi aceh tetap stabil, namun masih ada pihak yang tidak ingin aceh bangkit bangkit dalam segi ekonomi. Tambah gubernur

“hari ini pemerintah Aceh sudah melakukan kerjasama dengan Kapolda dan Pangdam untuk terus memburu perusakan-perusakan yang merugikan rakyat Aceh, kami sudah mengetahui siapa di balik perampokan terjadi di aceh, kita harap kapolda dapat bekerja dengan keras terus menjaga kondisi aceh tetap stabil dan kondusif, tandas irwandi yusuf.

Sementara itu, ketua Kadin Aceh Firmandeze mengatakan, Program IMT-GT ini baru pertama kali di selenggarakan di Aceh, ini yang terbesar dilakukan oleh kadin, sebab melibatkan tiga negara yang akan melakukan investasi ekonomi di Aceh nantinya.
Pesertapun cukup banyak, pertama kita target hanya 75 orang dari tiga negara ini, namun kenyataannya lebih 200 orang yang hadir dalam pertemuan ini, cetus ketua kadin aceh, ini membuktikan bahwa kondisi aceh sudah benar-benar kondisif.

Firmandeze, menambahkan, kita memiliki target yang panjang program IMT-GT ini, sebab katanya IMT-GT wahana baru dengan bantuan negara Thailand dan malaysia ekonomi Aceh akan bangkit, kita semua berharap IMT-GT ini sebagai awal bangkitnya ekonomi aceh yang dapat di terima oleh seluruh masyarakat Aceh.

Hasilnya, program IMT-GT nanti kita akan tahu manfaatnya, setelah negara-negara yang hadir mengkuti pertemuan ini membahas lebih mendalam sektor apa saja yang mereka kembangkan di aceh. Kita berharap IMT-GT ini bisa membantu tumbuhnya ekonomi Aceh yang lebih maju di masa yang akan datang. Harap Firmandeze.

Untuk itu saya mengajak pengusaha lokal untuk rapatkan barisan dan sambut kesempatan yang ada jangan sia-sia, saat ini aceh sudah aman, seperti saya kutip penyataan delegasi malaysia mengakui bahwa kondisi Aceh sudah sangat aman dan mudah melakukan usaha-usaha ekonomi, tambah Firmandeze

Posted in Diposkan oleh kulatbulat di Friday, July 11, 2008