Qanun Pendidikan sudah mendesak

(Thursday, July 24, 2008)

Banda Aceh-Untuk menumbuhkembangkan pendidikan yang ideal di Nanggroe Aceh Darussalam, yang diatur dalam sistem yang tepat diperlukan qanun khusus yang mengatur tentang pendidikan, agar penerapan pendidikan di aceh tidak tumpang tindih.

Demikian disampaikan Rektor IAIN Ar-Raniry, Yusny Saby, usai melantik melantik pembantu Dekan se-lingkungan IAIN Ar-Raniry, sabtu 19/7.
“jika Nanggroe Aceh Darussalam ingin mengubah pola pendidikan yang maju, tentunya diperlukan undang-undang yang mengatur secara khusus pada bidang pendidikan, oleh karena itu, tambah yusny saby qanun pendidikan Aceh sudah sangat mendesak.
Yusny menambahkan, selama ini kita selalu menyalahkan pemerintah dalam pelaksanaan pendidikan, namun kita tidak pernah melihat mengapa pendidikan aceh selama ini makin menurun, faktor utamanya yaitu undang-undang yang telah ada terlalu umum, jadi diperlukan secra khusus agar aliran dana pendidikan dapat dijalankan sesuai dengan undang-undang yang telah ada.
IAIN sendiri sebagai lembaga pendidikan, mendukung sepenuhnya usulan pemerintah aceh, yang mewacanakan qanun pendidikan diperlukan untuk memajukan pendidikan di aceh. Ujar yusny saby yang didamping Kabag Humas IAIN Ar-Raniry Ahmad Syauqi.
“Aceh secara kasat mata, sangatlah berbeda dengan daerah lain yang ada di Indonesia, makanya segala bentuk pelaksanaan undang-undang harus sesuai dengan karakteristik masyarakat Aceh, tambah yusny saby.
Rektor IAIN menambahkan, pelaksanaan syariat islam di aceh sebagai daerah otonomi khusus tentunya diperlukan undang-undang yang melaksanakan perangkat kepemerintahan sesuai dengan kebutuhan daerah, jika ini tidak dilakukan, maka kedepan jangan harap pendidikan aceh maju.
“apalagi alokasi anggaran untuk pendidikan di aceh sangat tinggi, mencapai angka 1.3 Trilyur, jika tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dalam undang-undang tersendiri, maka dikwattirkan terjadi penyimpgan di lapangan. Jelas Yusny Saby.
Dengan demikian, lanjut yusny saby, langkah yang diambil oleh pemerintah Aceh sangatlah tepat dan bijaksana, untuk menghidari terjadinya kegagalan ujian nasional dimasa yang akan datang di Aceu.
“mari kita kuatkan barisan untuk mempersatukan kekuatan agar qanun pendidikan di Aceh bisa terwujud sebelum pemilu dimasa yang akan datang, ajakan rektor yusny saby kepada pers. K48

Posted in Diposkan oleh kulatbulat di Thursday, July 24, 2008